Sesi LNG Project Management bersama PII Cabang Batam, 5 November 2020

Ir. Habibie Razak kembali diundang menjadi narasumber pada Knowledge Sharing Session dengan topik terkait LNG Fundamentals and Supply Chain Infrastructure pada Kamis malam 5 November 2020. Sesi ini adalah sesi ketiga dengan topik “LNG Project Management; a Case Study of Mini Liquefaction Plant”. Dua sesi sebelumnya yang diselenggarakan di bulan September dan Oktober 2020 juga diisi oleh Ir. Habibie yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Learning Center Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat.

Ir. Prastiwo Anggoro, IPM., ASEAN Eng., ACPE dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan rasa bangga dan salut kepada para peserta webinar sharing session ini karena kebanyakan dari mereka sudah sangat antusias mengikuti ketiga sesi ini dimulai dari sesi satu sampai sesi terakhir membuktikan mereka para Profesional di sektor energi punya komitmen kuat untuk membangun industri LNG supply chain di Indonesia.

Webinar ini dihadiri oleh setidaknya 25 profesional dari berbagai perusahaan dan instansi dan sebagian dari mereka ada yang bekerja di beberapa perusahaan seperti group PGN dan Kontraktor EPC terkemuka di Indonesia. Ir. Habibie Razak pada sesi kali ini memaparkan beberapa point penting terkait LNG project management antara lain typical project staging untuk LNG project development di dunia dan cost estimate classification menurut American Associate of Cost Engineer (AACE).

Selain itu, Ir. Habibie Razak yang baru-baru ini mendapatkan gelar Insinyur Profesional Utama (IPU) dari Persatuan Insinyur Indonesia juga menjelaskan tugas dan tanggung jawab project manager pada suatu proyek EPC LNG yang merupakan one single point of responsibilities memimpin dan mengkoordinasikan project stakeholders seperti internal engineering, procurement and construction team, vendor and suppliers, subcontractor dan lainnya supaya proyek bisa berjalan dan terselesaikan memenuhi key performance indicator (KPI) yang ditetapkan oleh Client dan perusahaan EPC tempat dia bekerja.

Di ujung acara, Ir. Prastiwo membuka babakan kuis dengan memberikan tiga pertanyaan kepada peserta dan memilih tiga peserta penjawab terbaik untuk menerima door-prize dari PII Cabang Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.