Kolokium Calon Insinyur Program Profesi Insinyur FTI UMI, 3 April 2021

Program Profesi Insinyur Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (PSPPI FTI-UMI) kembali menggelar Kolokium Keinsinyuran untuk Semester Akhir 2020/2021 sebagai ajang sharing best practice pengalaman keinsinyuran dari setiap peserta Program Profesi Insinyur Angkatan ke-9 Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk kelas PT Freeport Indonesia.

Ir. Taufik Nur, MT., IPM., ASEAN Eng. selaku sekretaris PSPPI FTI UMI mengundang beberapa Majelis Penilai/Penanggap antara lain: Ir. Habibie Razak, ST, MM, IPU, ACPE, ASEAN Eng., Ir. I Gede Suratha, MSc.,IPU., Ir. Hasbi Bakri, ST., MT., IPM., ASEAN Eng., Ir. Faizal Safa, MSc.,IPU pada kegiatan 8th Professional Engineer Colloquium Program ini dengan tema “Enhancing Professional Engineers Competencies in Digital Era”. Kegiatan ini dilakukan secara online (daring) melalui Zoom.

Acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim
Indonesia Dr. Ir. H. Zakir Sabara HW., S.T.,M.T., IPM, AK3U, ASEAN Eng. dilanjutkan dengan sesi kuliah tamu yang menghadirkan Kepala Teknik Tambang PT. Freeport Indonesia Ir. Zulkifli Lambali dengan judul paparan “Peran Insinyur dan Strategi Membangun Industri Pertambangan yang Berkelanjutan”

Kolokium yang dihadiri oleh 20 peserta calon Insinyur dari berbagai divisi dan departemen PT Freeport Indonesia. Beberapa topik yang menarik oleh peserta kolokium yang ditanggapi oleh salah satu penanggap Ir. Habibie Razak adalah metode pembuangan lapisan overburden penambangan menggunakan mekanisme Grasshopper Conveyor system. Berbeda dengan tambang open pit sederhana pembuangan OB tidak bisa langsung dilakukan dengan cara direct dumping ke disposal area tapi dilakukan dengan sistem yang lebih kompleks.

Topik kedua oleh Ir. Habibie yang cukup menarik adalah presentase terkait preventive support maintenance untuk ground support pada penambangan bawah tanah. Dibutuhkan pengecekan ground support yang terpasang, mengganti yang rusak d ground support seperti resin bolt yang berfungsi untuk mencegah kerusakan pada massa batuan.

Kolokium kelas PT Freeport ini berlangsung lebih dari 3 jam dan majelis penilai/penanggap mengeluarkan hasil evaluasi penilaian dengan beberapa kriteria antara lain: penampilan, isi presentase, penyajian dan penguasaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.