Bertemakan Insinyur sebagai Sales & Business Development, Duta Besar untuk Singapura Hadir Menjadi Keynote Speaker, 11 Agustus 2021

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Kepulauan Riau dan PII Cabang Batam kembali menggelar webinar bertemakan “Tantangan dan Peluang Insinyur Sales & Business Development Sektor Engineering & Construction di Era Pandemi (Indonesia & Singapura) pada hari Rabu, 11 Agustus 2021 yang dihadiri oleh 100 peserta dari Indonesia, Singapura dan negara lainnya.

Bapak Suryo Pratomo – Duta Besar Indonesia untuk Singapura dan dan Dr. Ir. Mulia Pamadi Ketua PII Kepulauan Riau hadir sebagai keynote speaker pada webinar kali ini. Dalam sambutannya, Suryo Pratomo yang akrab dipanggil Pak Tommy mengungkapkan bahwa kapabilitas para Insinyur Indonesia dan perusahaan konstruksi nasional kita sudah tidak diragukan tinggal bagaimana strategi kita untuk memasarkan kemampuan mereka untuk bisa berkompetisi di kancah global. Nah, ini adalah tugas dari para sales and business development sesuai dengan tema webinar kali ini.

Pak Tommy menyampaikan bahwa Sales & BD adalah bagian tak terpisahkan dari ilmu marketing bagi perusahaan konstruksi nasional tujuan akhirnya adalah memenangkan proyek-proyek di dalam negeri maupun di luar negeri. Sementara itu, Dr. Ir. Mulia Pamadi menyampaikan bahwa bagi Insinyur, bekerja sebagai sales and business development di sektor konstruksi adalah suatu tantangan tersendiri dan membutuhkan kompetensi atau skill komunikasi yang mumpuni. Insinyur di bidang ini tentunya harus memiliki pengetahuan teknis terhadap produk atau jasa yang ditawarkan ke calon customer atau pun client.

Webinar ini menghadirkan dua narasumber, Ir. Habibie Razak, APEC Eng., Head of Energy & Transport SMEC Indonesia salah satu engineering consultancy services company yang berkiprah di lebih 40 negara dan memiliki lebih dari 120 kantor di seluruh dunia dan Ir. Andi Sanjaya Tjong – Country Lead untuk Indonesia bekerja di BG&E Consulting Engineers yang berpusat di Australia dan memiliki kantor di Singapura bertanggung jawab terhadap business operation di Asia Tenggara.

Kedua narasumber memaparkan fundamental dari sales and business development termasuk tantangan dan peluang yang dihadapi oleh perusahaan yang bergerak di sektor ini di jaman pandemi baik di Indonesia maupun Singapura. Ir. Habibie Razak memaparkan bahwa profil seorang salesperson and business development professional yang dibutuhkan adalah setidaknya memiliki knowledge dan attitudes antara lain: Technical/Product Knowledge, Active Listening, Service Orientation, Strong Oral and Written Communication Skills, Problem Solving, Logical, Strategic, Dependable, Motivated, Integrity, Initiative, dan Adaptable.

Sementara Andi Tjong memaparkan bahwa Adaptasi New Normal untuk Sektor Konstruksi di Singapura antara lain: Mempercepat adaptasi “labour-efficient” teknologi, mengurangi import tenaga kerja buruh, mengadaptasi teknologi baru, i.e. prefabrication, robot, membuat design standard baru untuk gedung, safe distancing measures di tempat kerja dan Digitalisation.

Ir. Prastiwo Anggoro, ACPE Ketua PII Cabang Batam sebagai moderator memimpin sesi paparan dan tanya jawab ini memanggil beberapa panelist yang hadir pada event ini antara lain: Dorojatun Prakoso – Direktur PT Kwarsa Hexagon, Irwansyah Ghuznadi – Sales Manager PT WIKA Beton, Abdul Gafur Amin – Sales Engineer PEB Steel Building Company, Gilang Asmara – General Manager PT Prima Energi Consult, dan Ir. Vito Al Vandy Prabowo, MM – Business Development Manager PT Bureau Veritas Indonesia. Kelimanya memberikan komentar maupun pengalaman pribadinya sebagai sales and business development di perusahaannya masing-masing.

Sesi tanya jawab dibuka menghadirkan beberapa penanya yang kemudian dilanjutkan dengan babakan kuis, bagi siapa yang bisa menjawab pertanyaan dari narasumber akan mendapatkan souvenir dari PII Cabang Batam.

Hadir juga Ir. Taufik Nur, ASEAN Eng. mengomentari webinar kali ini. Harapannya, para Insinyur Indonesia yang berlaga di kancah internasional secara konsisten membagi pengetahuan dan pengalamannya buat para Insinyur-insinyur Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.