Hadir Mewakili Ketua Umum PII pada Seminar Natural Disaster Mitigation HMS FTUH, 21 Mei 2022

Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (HMS FT-UH) melalui kepanitiaan DEDIKASI 2022 menyelenggarakan Webinar Internasional dengan topik Natural Disaster Mitigation for SDGs 2030 berlangsung sukses hari ini menghadirkan beberapa pembicara nasional dan internasional yang dihadiri setidaknya 200 peserta webinar.

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M.Eng.Sc. IPU., ACPE yang juga adalah Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN diundang memberikan paparan terkait strategi pengembangan Ibu Kota Negara dari perspektif Sustainable Development Goals (SDGs) yang pada kesempatan ini, Ketum PII diwakili oleh Ir. Habibie Razak – Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia. Dalam paparannya, ada beberapa pertimbangan utama mendesaknya pemindahan IKN ini antara lain: sekitar 57% Penduduk Indonesia terkonsentrasi di Pulau Jawa, Kontribusi ekonomi Pulau Jawa 59% terhadap PDB Nasional, Krisis ketersediaan air di Pulau Jawa terutama DKI Jakarta dan Jawa Timur, Konversi lahan terbesar di Pulau Jawa, Pertumbuhan urbanisasi sangat tinggi di DKI Jakarta, Penurunan daya dukung lingkungan, ancaman bahaya banjir, gempa bumi dan tanah turun di DKI Jakarta.

Berbicara konsep pengembangan IKN, Dr. Ir. Danis yang diwakili Ir. Habibie menyampaikan bahwa IKN haruslah Aman dan Terjangkau, Desain sesuai Kondisi Alam, Terhubung, Aktif, dan Mudah  Diakses, Sirkuler dan Tangguh serta IKN yang Rendah Emisi Karbon.

Transformasi Berbudaya di Perancangan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) antara lan: transformasi bekerja, transformasi bermukim, transformasi berbangsa dan bernegara, transformasi bermobilisasi dan juga transformasi melestarikan lingkungan. Penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) juga menjadi salah satu basis desain di dalam pengembangan IKN.

Hadir juga beberapa pembicara di webinar kali ini antara lain: Ir. Dr. Rizal Saifulnaz berbicara tentang Ketangguhan Infrastruktur Nuklir tehadap Bencana Alam, Dr. Ir. Bakri Muhiddin tentang Natural Disaster Risk Mapping Area in Indonesia dan Ir. Harry Sumartono tentang teknologi pre-cast concrete PT Wijaya Karya Beton.

Sesi tanya jawab berlangsung interaktif dipimpin oleh moderator Andi Annisa Tenri melibatkan beberapa panelist dari Departemen Teknik Sipil Universitas Hasanuddin, Dr. Ir. Ardy Arsyad dan Akbar Walenna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.