Pembicara Construction Cost Management, KPP PII di Makassar, 8 Juni 2014

Hari Minggu, 8 Juni 2014 saya memenuhi undangan Pengurus PII Cabang Makassar Bapak Dr. Ir. Muhammad Rusman, MT membawakan materi Construction Cost Management di acara Kursus Pembinaan Profesi (KPP) Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Hotel Clarion Makassar. Peserta dihadiri lebih dari 40 calon Insinyur yang bekerja di dinas Pekerjaan Umum, Kontraktor Lokal dan beberapa perusahaan tambang, minyak dan gas di seputaran Sulawesi. Acara ini dilaksanakan selama 2 hari , Tanggal 8 – 9 Juni 2014.

(3) SLIDE PERTAMA

Seperti biasa saya diminta membawakan materi yang memang saya selalu presentasekan di KPP sebelumnya. Pengurus PII Pusat juga sering meminta untuk membawakan materi ini di Jakarta menggantikan Bapak Ir. Asiyanto, MBA., IPU mengingat materi cost planning/construction cost management ini membutuhkan pengalaman dan pendalaman lebih dalam dari Pembicara yang akan menyajikan.

Alhamdulillah, saya adalah dari sedikit orang yang bisa mendeliver materi ini dengan enteng karena materi ini sangat berhubungan dengan aktifitas sehari-hari saya sebagai project manager pada sebuah multionational engineering and EPC contractor. Saya juga pernah mengikuti beberapa training yang berhubungan dengan cost engineering yang meliputi 2 bagian besar yakni: cost estimating and cost control.

(2) DEPAN SAMPING

Slide pertama saya diawali dengan definisi proyek adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan dan sasaran tertentu, yang dalam prosesnya dibatasi oleh waktu dan sumberdaya yang diperlukan dan persyaratan-persyaratan tertentu lainnya. Proyek konstruksi, hasil fisiknya, berupa: bangunan gedung, Jembatan, Jalan, Bendungan, Kilang LNG dan Pabrik Gasifikasi Batubara.

Slide selanjutnya memberikan pemaparan tentang latar belakang pada saat cost engineering belum berkembang perhitungan biaya konstruksi selalu mengalami penyimpangan yang cukup besar. Contohnya pada saat pembangunan torowongan “Great Bore “di Massachussets pada kurun waktu tahun 1851 – 1875. Penggunaan peralatan terowongan yang pertama kali, dibuatoleh John Wilson ( thn 1856). Rencana biaya awalnya sebesar USD 3,88 juta, dan realisasinya membengkak menjadi USD 17,30 juta. Hal inilah kemudian melatar belakangi berdirinya the American Association of Cost Engineer (AACE).

(1) DEPAN DEKAT

Menurut AACE ( American Asociation of Cost Engineer ), Cost Engineering adalah suatu bidang engineering, yang meliputi penerapan prinsip-prinsip ilmiah dan teknik, dengan menggunakan pengalaman dan pertimbangan engineering dalam masalah estimasi biaya, pengendalian biaya dan ekonomi teknik.

Hadir pada acara ini Ketua PII Wilayah Sulawesi Selatan Prof. Dr. Ir. H. M. Saleh Pallu, M.Eng., IPM yang juga kebagian materi Etika Profesi Insinyur Indonesia. Rombongan PII Pusat dari Jakarta dipimpin Ketua Umum PII Bapak Ir. Bobby Gafur Umar, MM., IPM menutup acara sekaligus melantik anggota PII dan Insinyur-insinyur baru.

(4) PENYERAHAN PLAKAT(5) PROF SALEH

 

 

7 thoughts on “Pembicara Construction Cost Management, KPP PII di Makassar, 8 Juni 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *