Pembicara Cost Planning Pembinaan Profesi Insinyur, Makassar, 14 Februari 2015

PII Speaker's Certificate_edit_editPengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Makassar di bawah kepemimpinan Bapak Dr. Ir. Muhammad Rusman, MT untuk kesekian kalinya melakukan kegiatan Pembinaan Profesi Insinyur (PPI) pada Hari Sabtu dan Minggu, 14 – 15 Februari 2015. PPI kali ini terlaksana berkat kerjasama PII Cabang Makassar dengan Universitas Bosowa Makassar. Peserta yang hadir sekitar 120 orang adalah jumlah peserta terbanyak sepanjang sejarah di seluruh Indonesia untuk event Kursus Pembinaan Profesi (KPP) atau sekarang lebih dikenal dengan istilah Pembinaan Profesi Insinyur (PPI). Ini sungguh fantastis di mana Kota Makassar sebagai center point of East Indonesia dikombinasikan dengan kepemimpinan PII Cabang Makassar mampu menarik keikutsertaan para Sarjana Teknik (ST) untuk mengikuti kegiatan ini.

KPP PII 14 Feb - CopySemenjak Pembinaan Profesi Insinyur (PPI) disahkan oleh amanah UU No. 11 Tahun 2014 adalah syarat wajib bagi Sarjana Teknik untuk meraih gelar Insinyur minat calon-calon Insinyur pun semakin meningkat karena mereka sudah meyakini bahwa akan ada real benefit dengan menjadi bagian dari keanggotaan Persatuan Insinyur Indonesia (PII). PII pun sesuai UU Profesi Keinsinyuran berhak mengeluarkan Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) setelah Insinyurnya meraih gelar Insinyur Profesional baik itu di level pratama, madya maupun utama.

Habibie Razak pada PPI kali ini seperti halnya dengan PPI sebelumnya diminta membawakan materi Cost Planning/Construction Cost Management yang merupakan materi wajib diajarkan pada setiap pembinaan profesi.Di sesi ini pembicara lebih banyak mengulas tentang estimate classification menurut American Association of Cost Engineers (AACE). Klasifikasi estimasi biaya sesuai dengan tabel di bawah ini:

KPP PII 14 Peb Cost Planning - Copy

AACE INTERNATIONAL RP #18R-97 Estimate Classification
General Project Data Class 5 Class 4 Class 3 Class 2 Class 1
Front End Loading StageTypical EPC Cost Estimate Accuracy FEL-1+/- 40-50% FEL-2+/- 25-30% FEL-3+/- 10-15%
AACE EPC Cost Estimate Accuracy L: -20% to -50%H: +30% to +100% L: -15% to -30%H: +20% to +50% L: -10% to -20%H: +10% to +30% L: -5% to -15%H: +5% to +20% L: -3% to -10%H: +3% to +15%
Project Definition 0-2% 1-15% 10-40% 30-70% 50-100%
Project Scope Description General Preliminary Defined* Defined** Defined***
Plant Production/Facility Capacity Assumed Preliminary Defined* Defined** Defined***
Plant Location General Approx Specific Specific Specific***
Soils & Hydrology None Preliminary Defined* Defined** Defined***
Integrated Project Plan None Preliminary Defined* Defined** Defined***
Project Master Schedule None Preliminary Defined* Defined** Defined***
Escalation Strategy None Preliminary Defined* Defined** Defined***
Work Breakdown Structure None Preliminary Defined* Defined** Defined***
Project Code of Accounts None Preliminary Defined* Defined** Defined***
Contracting Strategy Assumed Assumed Preliminary Defined** Defined***

Legend:   S = Started (initial draft); P = Progressed; C = Completed

* ** *** indicated increasing level of certainty and confidence in the costs.

KPP PII Cab Makassar - Copy

Industri Minyak dan Gas di Indonesia telah mengadopsi project  stage development dan klasifikasi estimasi setiap stage berdasarkan AACE namun untuk proyek-proyek pemerintah (dana APBN) belumlah menggunakan konsep ini. They are still far away to go untuk bisa moving to modern concept.

PPI kali ini juga  mengundang Rektor Bosowa yang juga adalah mantan Ketua PII Wilayah Sulsel Bapak Prof. Dr. Ir. H. M. Saleh Pallu, M.Eng membawakan materi Kode Etik Insinyur Indonesia di hadapan 120 calon Insinyur. Bapak Dr. Ir. M. Sapri Pamulu, M.Eng – Direktur PMO PT Wiratman juga pada PPI kali ini membawakan materi project management and construction management.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.