Menjadi Ketua Penyelenggara Rapat Kerja Wilayah IKA Unhas Jabodetabek

Hari Sabtu, Tanggal 6 Juni 2015 Pengurus IKA Universitas Hasanuddin Jabodetabek yang baru dilantik oleh Ketua Umum IKA Unhas Bapak Dr. Muhammad Jusuf Kalla akhirnya berhasil menyelenggarakan Rapat Kerja Wilayah Pertama I yang dilaksanakan di Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Rapat Kerja ini dihadiri lebih dari 100 Pengurus yang merupakan alumni Unhas yang bekerja di seputaran Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Tema  Rapat Kerja (Raker) ini adalah “Akselerasi Terwujudnya Nawacita untuk Kemajuan Bangsa”.

Foto1Rapat kerja ini dimulai dengan sesi narasumber menghadirkan Bapak Dr. Mat Syukur, staff ahli Kementerian Pertanian membawakan topik “Food Estate Development di Indonesia” dan juga Bapak Ir. Andi Razak Wawo, Ketua IKA UH Jabodetabek dengan topik “Pengantar Rapat Kerja – Garis-garis besar arah program kerja IKA UH Jabodetabek”. Sesi narasumber ini berlangsung cukup lama sebelum akhirnya rehat makan siang dan dilanjutkan dengan pembahasan masukan program kerja setiap departemen.

Susunan Pengurus IKA-UH Jabodetabek ini mengikuti formasi kabinet Jokowi-JK di mana setiap departemen dibentuk untuk bisa berkoordinasi dengan kementerian terkait. Wakil Ketua and Wakil Sekretaris Koordinator Bidang Kemaritiman Dr. Badaruddin Picunang dan Ir. Awaluddin mendapatkan giliran pertama memaparkan program kerja yang berhubungan dengan bidang kemaritiman. Bidang Kemaritiman ini terdiri dari 4 Departemen antara lain: Energi dan Sumber Daya Mineral, Kelautan dan Perikanan, Perhubungan dan Pariwisata & Ekonomi Kreatif. Ir. Habibie Razak mewakili departemen ESDM memaparkan program kerjanya diikuti Ir. Zulfikar Muchtar, M.Sc untuk Departemen Kelautan dan Perikanan.

Foto2Bidang Politik, Hukum dan HAM dipresentasekan oleh Kol. Laut Dr. Rivai Ras dan tim yang terdiri dari beberapa Departemen antara lain: Dalam Negeri dan Otoda, Luar Negeri, Hankam, Hukum dan HAM, Komunikasi dan Informatikan dan Divisi Advokasi & Bantuan Hukum. Divisi Advokasi dikoordinir oleh Darmadi Samad, SH pengacara senior menyampaikan bahwa divisi yang dibentuk ini siap memberikan fungsi advokasi terhadap Alumni Unhas yang mengalami persoalan hukum atau setidaknya bisa menjadi wadah untuk konseling atau konsultasi untuk mendapatkan solusi terbaik buat Alumni.

Koordinator bidang Perekonomian diwakili oleh Bapak Dr. Hilmi Ibrahim dan tim memaparkan program kerja bidang perekonomian yang terdiri dari 14 departemen dan divisi. Dr. Ir. Arifin Tasrif Koordinator Departemen Pertanian, Ir. Darwis Daraba, MSi koordinator Departemen PU dan Perumahan Rakyat, Ir. Marwan Massinai, MSc., IAI Koordinator Departemen Agraria dan Tata Ruang memaparkan program kerja mereka diikuti oleh beberapa departemen dan divisi lainnya.

Foto3Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menghadirkan Wakil Sekretaris Andi Ilham Paulangi, S,Sos memimpin jalannya pemaparan diikuti presentase program kerja oleh Ibu Dr. Ir. Rosmariani Arifuddin untuk Ristek dan Pendidikan Tinggi, Ir. Amril Taufik Gobel untuk divisi Komunikasi Publik dan beberapa departemen lainnya. Ir. Sapri Pamulu, PhD Koordinator Departemen Ristek dan Pendidikan Tinggi (PT) menyampaian bahwa perlu ada koordinasi antardepartemen untuk membuat suatu program kerja yang mengintegrasikan semua departemen terkait yang melibatkan fungsi Ristek dan Pendidikan Tinggi.

Rapat Kerja ini dirangkaikan dengan Happy Hours yang dilakukan di Anjungan Sulawesi Selatan Taman Mini Indonesia Indah setelah sesi pembukaan dan narasumber di Hotel Santika. Happy Hours event ini terdiri dari perkenalan alumni Unhas yang hadir dan dilanjutkan dengan Turnamen Domino Raker Cup I yang dimenangkan oleh 4 pasangan yakni Ir. Trigunawan Wardana dan Ir. Awaluddin Sarmidi sebagai Juara I diikuti oleh Juara II pasangan Ir. Habibie Razak dan Aie Asri, ST, Juara III pasangan Ir. Fadli Nurdin dan Andi Ilham Paulangi, S.Sos dan juara Harapan I pasangan Andi Sadli dan Ishak.

Juara Domi

 

Ir. Habibie Razak, ketua penyelenggara kegiatan Rapat Kerja ini cukup puas dengan penyelenggaran event ini dan diharapkan hasil dari Raker ini bisa diimplementasikan di periode kepengurusan 2015 – 2019 IKA Unhas Jabodetabek dengan penuh tanggung jawab sesuai nawacita bersama. Liputan Rapat Kerja ini juga bisa dilihat di link ini http://makassar.tribunnews.com/2015/06/06/ika-unhas-jabodetabek-gelar-rapat-kerja-di-jakarta

Salam IKA Unhas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *