Undangan Inhouse EPC Workshop di Penghujung Tahun 2017

Adalah hal yang sangat berkesan ketika kita sudah sering mendapatkan undangan untuk membawakan topik tertentu pada suatu aktifitas profesional seperti workshop, seminar maupun training. Kali ini saya memenuhi undangan seorang kawan yang sudah memiliki perusahaan konsultan PT Prima Energi Consult atau sering disingkat PEC. Perusahaan ini bergerak di sektor infrastruktur energi. Idenya adalah bagaimana mengembangkan sumber daya manusia para Insinyur yang bekerja di perusahaan Beliau terkait proyek engineering services and EPC, baik itu pengetahuan tentang kontrak maupun project management proyek EPC.

Diskusi EPC contract dan project management ini berlangsung sangat interaktif melibatkan peserta dari berbagai disiplin keilmuan antara lain: process engineer, mechanical engineer, electrical engineer, civil engineer sampai pada finance and accounting PT PEC juga menghadiri sesi sehari ini. Tidaklah menutup kemungkinan perusahaan konsultan setelah beberapa tahun kemudian di dalam perjalanannya bisa bermetamorfosis menjadi perusahaan EPC nasional terkemuka di Indonesia. Sebagai contoh, perusahaan seperti Tripatra yang awalnya memulai bisnis engineering dan consultancy kini menjadi perusahaan EPC terkemuka bukan hanya di Indonesia tapi juga di tingkat regional Asia. Begitu pun dengan Rekayasa Industri bisa menjadi kontraktor EPC hingga saat ini karena memiliki kapabilitas engineering yang sangat handal.

EPC contract and project management ini mendiskusikan beberapa point penting antara lain:

• Project Management Responsibilities pada EPC Project
• Jenis-jenis kontrak konstruksi
• Karakteristik EPC Contract
• Penyusunan proposal EPC dengan pertimbangan legal, insurance, financial, tax and treasury
• Sistem pengadaaan barang dan jasa pada EPC project
• Manajemen konstruksi pada proyek EPC

Terima kasih PEC atas undangan knowledge sharing sessionnya semakin sukses ke depannya buat perusahaan maupun para Insinyurnya.

Salam Insinyur, Bravo Konsultan dan EPC nasional kita.

2 thoughts on “Undangan Inhouse EPC Workshop di Penghujung Tahun 2017

  1. Djoko

    Mantab pak habibie… sukses selalu dan semakin berjaya engineer Indonesia, memajukan kehidupan Bangsa tercinta… Bravo engineer Indonesia!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *