Seismic Isolation Seminar oleh Freyssinet, 25 Oktober 2018

Seismic Isolation Seminar yang dituanrumahi oleh Freyssinet salah satu perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang prestress dan pekerjaan specialis lainnya yang sudah berada di Indonesia selama 30 tahun terakhir. Seminar ini diendorse oleh Himpunan Pengusaha Jalan Indonesia (HPJI) dan Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI). Seminar dengan tema “Seismically Isolated System in Bridges, Buildings and Non-Buildings; An Effective, An Efficient, A Practical Solution for Seismic Mitigation” dihadiri setidaknya 50 peserta dari perusahaan konsultan dan kontraktor, perwakilan kementerian PUPR dan praktisi civil engineering dari dalam negeri maupun luar negeri.

Seminar ini berlangsung selama sehari menghadirkan beberapa key speakers antara lain: Prof. Ir. Iswandi Imran, MASc., PhD (Kepala Pusat Mitigasi Bencana – ITB), Stefano Barone, M.Eng., MSc (R&D Engineer FPC Italy), Dr. Ir. Josia Irwan Rastandi, ST., MT (PT Risen Engineering Consultant), Ir. Budi Santoso (PT Pratama Daya Cahya Manunggal), Ir. Tony Budi Sihite, MT (PT Delta Global Struktur) dan Tri Suryadi, ST., MT (ISOSISM Manager – Freyssinet Total technology). Steffano dalam paparannya menjelaskan tentang fundamental concepts of supplemental damping and base application, ISOSISM technology, overview of anti-seismic devices and application, ISOLAB testing lab dan FPF Italy Activities.

Sementara perwakilan dari PT Delta Global Struktur memaparkan studi kasus tentang proyek Jakarta – Cikampek II Elevated project di mana ide sebelumnya menggunakan conventional bearing kemudian diputuskan menggunakan isolated structure. Dengan penggunaan isolated structure ini memberikan pengurangan desain dimensi piling dan pier yang lebih kecil karena adanya force reduction hingga 70% dibandingkan conventional design. Design code untuk aplikasi ini merefer pada AASHTO Seismic Isolation Design, AASHTO LRFD Bridge Design Specification and beberapa referensi lainnya.

Hadir pada seminar sehari ini antara lain: Dr. Ir. Bambang Goeritno – Ketua Badan Kejuruan Sipil Persatuan Insinyur Indonesia (BKS PII), Ir. Habibie Razak – Wakil Ketua Bidang Hukum dan Advokasi BKS PII, Ir. Anita Tambing Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Ir. Tjoek Woerjantoko Sekretaris Jenderal Indonesia Aviation Expert (APENINDO), Ir. Riod Hardane Partono Fondas Consultant dan beberapa tokoh dan senior praktisi infrastruktur lainnya.

Seminar yang diselenggarakan pada Hari kamis, 25 Oktober ini di Hotel Sheraton Gandaria City ini menyisakan satu pertanyaan besar apakah pemerintah sudah memiliki regulasi khusus untuk bangunan-bangunan bertingkat tinggi dan jembatan-jembatan strategis milik negara menggunakan teknologi tahan gempa seperti dipaparkan di seminar ini.

 

 

 

One thought on “Seismic Isolation Seminar oleh Freyssinet, 25 Oktober 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *