Trip to US, Melewati Atlantic Ocean atau Pacific Ocean (Kansas City, US Assignment, May to September 2013 Part 3)

Oleh: Habibie Razak, Traveller & Blogger

Bagi seorang berkebangsaan Indonesia, perjalanan ke Amerika dari tanah air bukanlah ‘short travel’ melainkan bisa dikategorikan sebagai ‘long travel, indeed’. Kenapa tidak, untuk menuju negeri Lone Ranger dan Tonto ini butuh waktu setidaknya 26 Jam bahkan lebih. Namun sudah banyak orang Indonesia yang sudah ‘enjoy’ dengan perjalanan ke US bahkan ada yang sampe 2x sebulan pulang pergi, jadi bisa dikatakan  hidupnya sudah lebih banyak dihabiskan di perjalanan, it’s a fact.

Saya ingin sedikit berbagi cerita perjalanan saya ke US melewati samudera Atlantik dan samudera Pasifik. Perjalanan pertama saya memutuskan menggunakan SQ Airlines berangkat dari Jakarta dan pindah pesawat di Changi Airport. Perjalanan dari Jakarta ke Singapura tidak lebih dari 2 jam namun saya harus menunggu pindah pesawat menuju ke Moscow dan Houston selama hampir  4 jam. Perjalanan ke Moscow memakan waktu kurang lebih 12 jam dan transit di sana selama kurang lebih 2 jam. Dari Domodedovo International Airport saya dengan menggunakan pesawat yang sama berangkat menuju Houston dengan perjalanan juga kurang lebih 12 Jam. Setelah menunggu kurang lebih 4 jam di George Bush Houston Intercontinental Airport saya akhirnya berangkat menuju Kansas City Airport dengan menggunakan connecting flight United Airlines maskapai penerbangan US dengan waktu tempuh kurang lebih 2.5 jam. Cara pertama ini adalah melewati Eropa dan samudera Atlantik dan memakan waktu total 38 Jam termasuk waktu transit.

Bagaimana dengan cara kedua, yakni melewati Samudera Pasifik. Saya pada trip kedua mencoba menggunakan maskapai penerbangan Korea, Asiana Airlines. Dari Jakarta tengah malam menuju Incheon Seoul International Airport selama kurang lebih 8 jam. Saya transit di Incheon selama hampir 2 Jam dan kembali menggunakan pesawat berbeda dengan maskapai penerbangan yang sama menempuh perjalanan kurang lebih 14 Jam menuju O’Hare Chicago International Airport. Di sana saya harus antrian di bagian imigrasi dan baggage custom clearance selama 2 jam kemudian lanjut lagi dengan connecting flight menggunakan American Airlines selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Sepertinya perjalanan ke US melewati samudera Pasifik adalah memberikan waktu tempuh yang lebih pendek sekitaran 26 Jam saja, lebih singkat 12 jam dibanding melewati Samudera Atlantik.

Namun masih banyak opsi lain menggunakan maskapai penerbangan yang berbeda dan juga lokasi transit yang berbeda pula. Apabila menggunakan Qatar Airlines tentunya Anda akan transit di Doha, Qatar, apabila menggunakan maskapai penerbangan Japan airlines tentunya akan transit di Narita International Airport. Pilihan sangat tergantung pada diri masing-masing, bagi yang pingin lebih sering transit dan membeli sesuatu di bandara yang berbeda silahkan menggunakan SQ Airlines, Anda bisa menyempatkan waktu cuci mata dan sekaligus berbelanja setidaknya di 3 airport yang berbeda…ha ha ha ha…Namun yang paling penting, pilihlah maskapai penerbangan yang bisa memberikan keamanan dan kenyamanan penuh selama Anda berada di dalam pesawat. Bagi saya, tentunya Pramugarinya haruslah yang manis dan ramah-ramah pada penumpangnya ha ha ha….

Semoga ini bisa menjadi sharing pengalaman yang bermanfaat buat pecinta blogger di Indonesia. Salam Insinyur dan Salam Blogger.

 

 

 

One thought on “Trip to US, Melewati Atlantic Ocean atau Pacific Ocean (Kansas City, US Assignment, May to September 2013 Part 3)

  1. shit

    I was recommended this website by my cousin. I am
    not sure whether this post is written by him as no one else know
    such detailed about my difficulty. You’re incredible!
    Thanks!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *