Mengajar Cost Planning & K3L di KPP Diselenggarakan oleh PII Cabang Sukabumi, 19 September 2014

Jumat malam Tanggal 18 September 2014 Pukul 20.00 saya ditemani 2 junior kampus saya, Arno dan Madin berangkat menuju Sukabumi, tempat di mana diadakannnya Kursus Pembinanaan Profesi Persatuan Insinyur Indonesia yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Sukabumi. Ini adalah kali pertama KPP diadakan di Sukabumi sebagai followup baru terbentuknya Pengurus Cabang salah satu Kabupaten di Jawa Barat ini.

Menunggu Peserta

Perjalanan menempuh kurang lebih 4 jam kami akhirnya tiba dinihari di lokasi acara, Hotel Anugrah Jl Surya Kencana No. 38 Kota Sukabumi. Hotel diadakannya kegiatan ini adalah juga ternyata milik dari Pak Willy, ketua cabang, saya surprise ketika check-in ternyata Beliau juga sudah menyiapkan kamar buat kami.

Kursus Pembinaan Profesi kali ini, saya diberi tanggung jawab untuk membawakan 2 materi sekaligus pada Hari Sabtu, 19 September 2014 yaitu: Construction Cost Management dan K3L. Saya diberi waktu masing-masing 1.5 jam untuk kedua materi ini. Peserta yang hadir sekitar 25 orang dan kebanyakan dari mereka bergelut di dunia konstruksi bangunan seperti bangunan kantor dan hotel. Selain itu, beberapa dari mereka berasal dari dinas PU yang banyak mengurusi jalan dan jembatan. Saya lebih banyak memberikan beberapa studi kasus di mana cost planning sangat memegang peranan penting dalam mensukseskan proyek dan juga pengenalan tentang K3L di industri minyak, gas dan pertambangan sebagai bahan informasi mereka tentang betapa pentingnya K3L bagi profesional dan perusahaan yang bekerja di bidang tersebut.

KPPPII 200915

Saya melihat ada lack of knowledge dan experiences oleh para pengusaha konstruksi  dan juga konsultan jasa engineering di daerah ini dan sangat perlu dilakukan sesi khusus tentang cost management oleh PII selama 2 sampe 3 hari supaya mereka bisa lebih paham dan terlatih dengan perencanaan, estimasi dan pengontrolan biaya proyek. Mereka juga diharapkan bisa langsung menerapkannya dalam aktifitas proyek-proyek mereka supaya target proyek hubungannya dengan anggaran dan biaya bisa dicapai.

 

 

Foto bareng bung KumisPerjalanan kali ini cukup mengesankan buat saya, tanpa direncanakan alias tak terduga pada sabtu malam, teman saya di Inco Sorowako dulu Pak Firman Wahyudi juga baru tiba di Sukabumi dan walhasil kami menikmati obrolan warung kopi di warkop Mamih Ungu, Jl. Brawijaya No. 16 Sukabumi. Diskusi lepas selama hampir 2 jam mengingatkan saya nostalgia Sorowako di mana saya memulai karir sebagai engineer di sana dari Tahun 2003 sampai akhirnya resign pada pertengahan 2010.

 

Foto Bareng

 

 

 

 

 

 

 

Sabtu malam sehabis ngopi dengan Pak Firman kami diajak makan malam sama Pak Willy, Pak Yoseph dan kawan-kawan dari PII Pusat Jakarta. Di samping saya ada Pak Andi Taufan Marimba juga akan membawakan materi project management keesokan harinya.

Foto dinner bersama pengurus Sukabumi

 

Malam semakin larut, tak terasa Pukul 11.00 malam sesuai rencana kami harus balik lagi ke Jakarta. Perjalanan menempuh 2.5 jam dari Sukabumi ke Jakarta malam itu Honda CRV DD 313 IE melesat bagai bayangan menembus kegelapan malam ha ha ha sampe-sampe si Arno dan Madin susah tidur.

2 thoughts on “Mengajar Cost Planning & K3L di KPP Diselenggarakan oleh PII Cabang Sukabumi, 19 September 2014

    1. habibierazak Post author

      Always dinda Imam…thanks for supports. Keep on eying my blog, there are still couple experiences to share every month

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *