Oil & Gas Subsea System Training BK Mesin PII, 11 – 14 Agustus 2015

Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM-PII) kembali mengadakan professional oil & gas training yang kali ini dilaksanakan Pada Tanggal 11-14 Agustus 2015 di Hotel Puri Denpasar, Kuningan Jakarta Selatan. Topik training ini adalah The Engineering & Technology of Subsea System pada sektor Migas dan dibawakan oleh Bapak Prof. Ir. Jaswar Koto – Staff Pengajar dan Peneliti Institut Teknologi Malaysia yang juga Beliau saat ini adalah Presiden International Society of Ocean, Mechanical and Aerospace for Scientist and Engineers.

Foto-4

Laporan Training oleh Ketua Bidang Engineering BKM-PII Bapak Ir. Ade Irfan dan Pembukaan sekaligus pengantar training oleh Ketua BKM PII Bapak Prof. Ir. Tresna Priyana Soemardi. Prof. Tresna dalam sambutannya menyampaikan biaya penelitian sampai menghasilkan inovasi teknologi sangatlah mahal dan membutuhkan waktu bertahun-tahun sampai produk dari hasil penelitian tersebut bisa dikomersialisasikan. Indonesia saat ini membutuhkan para peneliti-peneliti handal dan semestinya ditopang oleh sumber pendanaan yang lebih besar lagi oleh Pemerintah. Acara pembukaan training ini juga dihadiri oleh Bapak Ir. Bambang Purwohadi dan Bapak Ir. Rudi Purwondho, Wakil Ketua dan Sekjen BKM PII.

Foto-5

Prof. Jaswar pada hari pertama training memberikan gambaran umum tentang klasifikasi proyek subsea sektor Migas berdasarkan kedalaman bawah laut yaitu: shallow water subsea di mana kedalaman laut sampai pada 300 meter, 300 meter sampai pada kedalaman  1500 meter dikategorikan sebagai deep-water dan kedalaman 1500 ke atas sudah ditageorikan sebagai ultra deep-water subsea project. Perencanaan dan instalasi subsea untuk ketiga kategori di atas pun berbeda-beda.

Konsep six degree freedom yang merupakan motion yang terjadi pada offshore dan marine structure yang terdiri dari surge, sway, dan heave yang merupakan three translations of the ship’s center of gravity in the direction of the x,y, and z axes dan tiga rotasi yaitu roll aboutt the x-azis, pitch about the y-axis dan yaw about z-axis juga dijelaskan secara filosofis oleh Beliau.

Foto-1

Hari kedua training ini kami mengerjakan case study salah satu proyek subsea pipeline terpanjang di Eropa di masanya menggunakan beberapa jenis software. Salah satu yang menarik adalah efek buckling  pada pipeline akibat adanya tekanan fluida atau gas dari dalam pipa sehingga pipa menjadi buckle pada panjang dan tinggi amplitudo tertentu. Seorang subsea pipeline engineer harus bisa menghitung berapa panjang pipa dan tinggi amplitudo yang mengalami buckling dan mendesain pipe sleeper yang ideal di dasar laut. Tentunya spesifikasi dan grade material untuk subsea haruslah lebih tinggi dari onshore pipeline work.

Foto6

Jenis-jenis mooring dan riser dipresentasekan di hari ketiga training di antaranya yang cukup menarik adalah perbedaan antara catenary system and taut leg system pada mooring system. Distribusi pada mooring system pun dibagi menjadi dua yaitu turret mooring lines and spread mooring lines. Sedangkan spread mooring by technology licensor dibagi menjadi 4 besar yaitu omni-directional mooring for a spar platform, asymetric spead mooring for a fixed platform, symetric spread mooring for a semi sub, dan grouped mooring management for a spar platform.

Foto-10

Konsep riser sebagai production flow-line maupun sebagai drilling flow-line juga dibahas pada training ini. Riser dengan dan tanpa penggunaan buoys atau floating devices lainnya dibagi dua yaitu catenary riser di mana riser ini free hanging tanpa intermediate buoys or floating devices dan flexible riser adalah free-hanging riser dengan menggunakan intermediate buoys atau floating devices lainnya. Tipe riser juga bisa dibagi menjadi dua berdasarkan seleksi materialnya yaitu rigid riser dan flexible riser. Konfigurasi flexible risers bisa berupa free hanging, lazy S, lazy wave, step S, step wave, Chinese lantern dan beberapa lainnya.

Foto-11

Prof. Jaswar Koto juga memaparkan loading mechanism on floater adalah steady and fluctuating wind, wave and wave drift dan current. Sedangkan untuk loading pada mooring lines harus memperhatikan top end surge motions, wave, current dan seabed friction.

Hari keempat training banyak mendiskusikan tentang instrument dan control system pada subsea system. Pemaparan konfigurasi dan jenis equipment subsea seperti X-Tree, Manifold, Pipe-line, Flow-line, Subsea separator, dan lainnya mengundang banyak pertanyaan dari peserta training.

IMG20150811144143Training ini dihadiri oleh 16 orang. Beberapa rekan profesional seperti Benhard Hutajulu (I&C Engineer), Budy Wening (Rotting Engineer), Baso Rizal (Pipeline Engineer) dan Irwansyah Rosneng (Electrical Engineer) juga menghadiri training bergengsi ini. Perusahaan seperti Tripatra, Pertamina Gas, Pertamina Hulu Energi, Wijaya Karya tidak ketinggalan mengirimkan engineer-engineer terbaik mereka untuk mengikuti professional training ini.

 

 

Habibie Razak, seorang project manager yang bergelut di bidang Oil & Gas juga menjadi bagian dari training dan bahkan di akhir sesi hari ketiga Habibie memberikan sedikit sharing knowledge tentang Floating LNG Production Unit Concept. Konsep LNG production plant di atas air ini menjadi sangat booming saat ini menggantikan konsep onshore traditional LNG plant. Fasilitas FLNG plant atau LNG FPSO pertama di dunia yang selesai dibangun dan mulai beroperasi adalah EXMAR Floating LNG Production Unit menggunakan teknologi LNG yang diberi nama PRICO merupakan milik Black & Veatch www.bv.com.

fffOverall, this was an exciting training bagi siapa pun yang berminat mengikuti sesi training berikutnya bisa menghubungi Bapak Arfi Yesso, Staff BKM PII, Email Address: arfi.yesso@gmail.com

 

 

 

 

IMG_20150814_114135

Bravo BKM PII, Bravo Insinyur Indonesia.

foto bersama - Copy

 

3 thoughts on “Oil & Gas Subsea System Training BK Mesin PII, 11 – 14 Agustus 2015

  1. MarcelMHotek

    Hello, I think your website might be having browser compatibility issues.
    When I look at your website in Firefox, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping.
    I just wanted to give you a quick heads up!

    Other then that, fantastic blog!

    Reply
  2. Luke

    This article is really cool. I have bookmarked it. Do you allow guest
    posting on your page ? I can provide high quality posts for you.
    Let me know.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.