Silaturahim dan Workshop Pengisian Aplikasi ASEAN Engineer di Fakultas Teknologi Industri UMI, 7 Mei 2016

Undangan ini datang tak disangka sebelumnya. Adalah Ir. Taufik Nur, dosen muda dan enerjik Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI-UMI) yang juga adalah Sekretaris PII Cabang Makassar memfasilitasi saya bersilaturahim dengan Bapak Ir. Zakir Sabara, Dekan FTI-UMI dan jajarannya sekaligus menjadi narasumber pada Workshop pengisian aplikasi ASEAN Engineer-Registered (AER) yang diadakan di ruangan kerja Beliau.

Suasana SilaturahimHari Sabtu, 7 Mei 2016 tepatnya, saya diundang oleh Bapak Ir. Zakir Sabara untuk bersilaturahmi dan sekaligus memandu pengisian aplikasi AER yang dihadiri oleh 5 calon AER yang tidak lain adalah tim dosen FTI-UMI yang dikoordinir oleh Ir. Taufik Nur. Pengisian formulir AER terdiri dari formulir aplikasi yang harus diisi sendiri oleh applicant dan juga form khusus untuk country registrar atau endorser dari host institution di mana calon AER itu berada. PII Pusat dalam hal ini Direktur Eksekutif PII dan ketua Tim AFEO meeting yang akan mengendorse calon AER ini. Dekan FTI-UMI menyampaikan bahwa Beliau akan membayar biaya sertifikasi AER ini kepada seluruh staff dosen yang berhasil lulus tadi. Biayanya adalah sekitar USD 220 per orang.

Depan Meja Pak DekanFTI-UMI di bawah kepemimpinan Dekan Ir. Zakir Sabara setidaknya akan mengirimkan 5 berkas AER application di antaranya Dekan sendiri, Ir. Taufik Nur dan Ir. Nusran, Ph.D. Mereka sementara menyiapkan formulir dan Curriculum Vitae dan akan segera dikirimkan ke PII Pusat paling lambat 11 Mei ini untuk final review oleh PII Pusat. Curriculum Vitae adalah bagian yang paling vital pada aplikasi AER ini karena ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO) Monitoring Committee mendasarkan assessment pada pengalaman keinsinyuran yang dimiliki oleh calon-calon tadi. Workshop ini memberikan presentase pembuatan CV dalam bentuk bahasa Inggris yang attraktif dan berisi.

Suasana WorkshopHari yang sama, FTI-UMI juga mengadakan seminar internasional yang dihadiri oleh beberapa rektor Universitas Swasta lainnya dan menghadirkan pembicara dari salah satu Universitas di Malaysia. Ir. Zakir Sabara telah menjabat Dekan FTI-UMI selama dua tahun dan telah memberikan banyak kontribusi terhadap kemajuan fakultas. Pencapaian-pencapaian telah dilakukan di bawah kepemimpinan Beliau di antaranya membawa UMI sebagai salah satu dari 40 Perguruan Tinggi di Indonesia yang diberikan mandat sebagai pelaksana Program Profesi Insinyur (PPI) dan juga menorehkan sejarah bahwa UMI satu-satunya Universitas Swasta di luar Jawa yang mendapatkan amanah ini. Pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana terus dilakukan oleh Beliau termasuk pembangunan gedung perkuliahan, laboratorium dan terkhusus lagi Beliau sementara menyiapkan gedung khusus untuk kegiatan Program Profesi Insinyur (PPI) ini.  Ada satu lagi yang saya dapatkan menarik di fakultas ini bahwa semua dosen memiliki ruangan kerja sendiri yang tentunya memberikan kenyamanan dan ketenangan untuk bisa bekerja dan mengajar lebih baik lagi.

Dpn SpandukSaya adalah salah satu dari 10 calon pengajar PPI yang diusulkan oleh FTI-UMI yang akan mulai digulirkan bulan September 2016 ini. Sukses buat Universitas Muslim Indonesia (UMI) di bawah kepemimpinan Fakultas Teknologi Industri di dalam menelurkan Insinyur-Insinyur handal yang siap memajukan masyarakat, bangsa dan negaranya.

Salam Insinyur.

2 thoughts on “Silaturahim dan Workshop Pengisian Aplikasi ASEAN Engineer di Fakultas Teknologi Industri UMI, 7 Mei 2016

  1. Ir. ramli, ST.

    Mantap kanda, semoga diberikan kesuksesan dalam membin Insinyur-insinyur muda berbakat masa depan bangsa, Sukses PII salam FTI-UMI.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *