Memberi Kuliah Rancang Bangun pada salah satu Kontraktor Idaman, 12 Februari 2017

Hari Jumat malam Tanggal 11 Februari 2017, saya terbang lagi menuju Kota Daeng untuk memenuhi undangan dari salah satu Direktur Kontraktor di Makassar di maan perusahaannya saat ini berada di klasifikasi menengah untuk bidang usaha konstruksi bangunan dan lainnya. Tujuan undangan ini adalah memberikan pengenalan tentang sistem Kontrak Rancang-Bangun pada proyek-proyek konstruksi yang saat ini banyak diimplementasikan di dunia industri seperti minyak dan gas, pembangkitan dan transmisi serta pertambangan.

Saya bisa mengatakan, mereka ini adalah kontraktor binaan pertama saya dengan cita-cita bahwa ke depan mereka harus mampu menjadi Kontraktor Rancang-Bangun yang memiliki reputasi handal dan berkompetisi pada proyek-proyek yang membutuhkan spesialisasi rancang bangun atau EPC. Strateginya tentunya mulai dari proyek-proyek kecil dan menengah dan mengambil peran sebagai member of consortium atau pun hanya sebagai subkontraktor saja.

Peserta pelatihan kali ini dihadiri beberapa engineer, manager dan direktur perusahaan PT TSI. Pelatihan berlangsung selama kurang lebih 6 Jam, saya memaparkan materi tentang manajemen proyek secara umum, tanggung jawab PM, proses proposal rancang-bangun, karakteristik kontrak rancang-bangun, sistem pengadaan barang dan jasa serta manajemen konstruksi pada proyek rancang-bangun.

Nilai investasi menjadi kontraktor rancang-bangun adalah sangat tinggi begitu pun resikonya terkait safety, quality, profitability rate, scope, lokasi proyek dan seterusnya adalah sangat tinggi. Dibutuhkan kerja-kerja cerdas dari para pelaku rancang-bangun untuk menyelesaikan proyek sesuai dengan kontrak. Dan yang paling penting adalah bagaimana memenangkan kontrak rancang-bangun melalui solid proposal baik itu technical maupun commercial. Kelihaian dari sales dan business manager seeking for inputs dan informasi dari Client juga sangatlah penting bagi proposal manager dan project manager di dalam meramu proposal yang diharapkan memiliki high value proposition di mata Client.

Malam hari seusai pelatihan saya diundang makan malam di salah satu restoran di Hotel Clarion Makassar dan tampak para staff termasuk Direktur PT TSI mendapatkan giliran menyanyikan lagu-lagu andalan mereka. senang bias menjadi bagian dari mereka. Sukses buat PT TSI, sukses Insinyur Indonesia.

 

2 thoughts on “Memberi Kuliah Rancang Bangun pada salah satu Kontraktor Idaman, 12 Februari 2017

  1. Ir. Muhammad Nur Tahir, S.T.

    Terimakasih atas transfer ilmunya Pak Habibie Razak… Walaupun menurut saya masih butuh waktu lebih panjang untuk sharing ilmu lagi. Jika ada kesempatan di lain waktu.

    Reply
    1. habibierazak Post author

      Iya betul sekali Bapak, sebaiknya difollow-up dengan diskusi warung kopi dengan suasana lebih santai. Yang kemarin itu hanyalah introduction saja. Salam.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *