Munas IKATEK UH, Haedar A. Karim Kembali Terpilih, 7 Juli 2019

Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Alumni Teknik Unhas sukses diselenggarakan sore tadi, 7 Juli 2019 di Gedung Perpustakaan Nasional, Jl Merdeka Selatan, Jakarta. Munas yang dihadiri oleh setidaknya 200 alumni Teknik Unhas dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Hasanuddin. Munas ini dibuka oleh Dewan Pembina IKATEK UH, Dr. Ir. Syarif Burhanuddin dan kemudian dilanjutkan dengan laporan pertanggungjawaban Ketua Umum IKATEK UH Periode 2014-2019, Ir. Haedar A. Karim.

Ir. Haedar dalam paparannya menyampaikan capaian-capaian yang telah dicapai selama empat setengah tahun terakhir antara lain: terbentuknya koordinator wilayah IKATEK UH di setiap pulau besar di Indonesia dimulai dari pembentukan kepengurusan IKATEK UH Wilayah Sumatera, Wilayah Jawa Barat & Banten, Wilayah Kalimantan, Wilayah Bali & Nusa Tenggara, Wilayah Maluku & Maluku Utara, Wilayah Papua dan Papua Barat dan Wilayah Sulawesi. Pembentukan koordinator wilayah di setiap pulau besar ini oleh Haedar dalam rangka melebarkan jejaring alumni yang bekerja dan berdomisili di pulau pulau itu yang sesuai tujuannya adalah saling sinergi dan kolaborasi sesama alumni.

“Di kepengurusan ini kita adalah Ikatan Alumni pertama di Indonesia yang memulai kerjasama dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dengan menandatangani MOU sejak bulan Desember 2014 silam yang kemudian diikuti oleh Ikatan alumni dari perguruan tinggi lainnya di Indonesia, dinda Habibie Razak sebagai Ketua Badan Otonom Pengembangan Profesi Insinyur, mohon berdiri dinda Habibie, Terima kasih atas kerjanya ” lanjut Haedar dalam laporannya. Ir. Haedar juga berterima kasih kepada Abdul Rivai Ras atau dikenal Bro Rivai yang telah mewakafkan rumahnya sebagai rumah persinggahan para alumni baru yang akan mencari nafkah di Jakarta dan sekitarnya. Haedar mencatat setidaknya sudah puluhan alumni yang pernah tinggal di rumah singgah Bro Rivai ini dan 100 persen dari mereka sudah bekerja di perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia.

Sementara Dr. Ir. Syarif Burhanuddin atau biasa dipanggil Kak Chalie Bur, di periode ini kita bisa melihat kerjasama IKATEK UH dan kampus mulai dibuka dan memberikan kesempatan kepada adik-adik mahasiswa calon alumni untuk lebih mengenal dunia kerja melalui sharing pengalaman dari para alumni Teknik Unhas. Sebutlah di kementerian tempat di mana kaka Chalie Bur bekerja saat ini setidaknya lebih dari 20 PNS yang lulus yang merupakan alumni Universitas Hasanuddin. “Kita tidak ingin kehilangan Insinyur-Insinyur muda lagi, kita harus bisa memaksimalkan bahwa para alumni baru bisa mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang sesingkat singkatnya dan dipastikan mereka bekerja di bidang keinsinyuran” lanjut Chalie Bur.

Acara Munas dilanjutkan dengan Pemilihan Ketua Umum periode 2019-2023 di bawah pimpinan sidang, Ir. Sapri Pamulu, PhD dengan pertama-tama menetapkan tata tertib persidangan. Ir. Sapri sebelumnya memberikan kesempatan kepada pihak perwakilan alumni dalam hal ini IKA-IKA Jurusan dan IKA Wilayah untuk memberikan pandangan tentang kinerja kepemimpinan Ir. Haedar selama 4.5 tahun terakhir. Perwakilan jurusan, Ir. Hasbi Syamsu dan perwakilan wilayah Ir. Jamsir menyampaikan menerima laporan pertanggungjawaban pengurus sekarang dengan suara bulat tanpa catatan-catatan dan meminta kembali Ir. Haedar A. Karim untuk melanjutkan kepemimpinan IKATEK UH untuk periode kedua tahun 2019-2023.

Pada kesempatan ini, perwakilan Fakultas Teknik Unhas, Dr. Ir. Rusman Muhammad memberikan secara simbolis baju kaos sekaligus permintaan kepada IKATEK UH untuk menghadiri Dies Natalis yang akan diselenggarakan bulan depan di kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Beberapa perwakilan Ketua Wilayah seperti Ir. Jamsir ketua Sumatera, Ir. Andi Muhammad Irfan AB Ketua Sulawesi dan dari pimpinan pusat Ir. Sapri Pamulu, PhD mendapatkan kesempatan menerima baju kaos secara simbolis.

Munas kembali secara aklamasi memilih Ir. Haedar A. Karim untuk kali kedua periode 2019-2023 dan diminta untuk segera membentuk kepengurusan baru dalam jangka waktu 9 hari terhitung sejak ditutupnya Munas ini. Acara yang dipandu oleh Ir. Amril Taufik Gobel ditutup dengan foto bersama para peserta Musyawarah Nasional IKATEK UH.

Ketua Umum terpilih Ir. Haedar A. Karim mengundang Sri Asri Wulandari sebagai Ketua Penyelenggara HBH dan Reuni Nasional 2020 Ikatan Alumni Teknik Unhas untuk memberikan update tentang kesiapan panitia di dalam menyelenggarakan HBH yang akan digelar 3 hari setelah lebaran tahun depan. Sri menyampaikan bahwa panitia penyelenggara sementara ini menyusun program kerja dan diharapkan rangkaian kegiatan HBH 2020 ini akan dimulai di bulan September 2019 mendatang.

Di hari yang sama Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) sukses menggelar Halal bi Halal dan Reuni Nasional di Istana Wakil Presiden RI pagi tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *