IoT & Digitalization for Engineers, AFEO Webinar, 7 May 2020

ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO) kembali menggelar sesi webinar yang kali ini mengangkat topik “IoT & Digitalization for Engineers”. Webinar ini sukses terselenggara berkat kerjasama AFEO dan Mechanical Engineering Technical Division, the Institution of Engineers, Malaysia (METD – IEM) yang juga menugaskan dua pembicara; Ir. Dr. Alvin Yap dan Ir. Dr. Harris A R Sabri.

Kedua pembicara menjabarkan beberapa contoh implementasi IoT dan Digitalisasi di bidang keinsinyuran di mana aplikasi ini akan mampu mereduce down time atau loss time yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja para engineers. Ekspektasi trend terkait IoT & Digitalisasi di tahun 2025 oleh pembicara antara lain: 10 persen dari populasi mengenakan pakaian yang tersambung dengan internet, robot farmasi pertama di Amerika Serikat, Mobil 3-D printed pertama yang akan diproduksi, 5% produk consumer goods printed in 3D, 90% populasi dengan regular access ke internet, Mobil tanpa pengemudi (driverless cars) akan bertambah menjadi 10% di AS, kota pertama lebih dari 50.000 penduduk tanpa menggunakan traffic lights, lebih dari 50% lalulintas internet ke rumah-rumah untuk appliances and devices.

Era IoT dan digitalisasi oleh Dr. Harris juga akan memberikan risiko untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu. Profesi seperti dokter, guru, insinyur, dan polisi dalam kategori low risk, sedangkan teknisi, sekretaris, mekanik, repairmen, cleaners masuk dalam kategori medium risk dan clerk, telemarketers, sales, factory workers dam receptionist masuk dalam kategori high risk yang bisa tergantikan oleh robot.

Moderator pada event kali ini, Alex Looi – salah satu pengurus IEM. Webinar dihadiri oleh setidaknya 30 peserta dari berbagai negara di Asia Tenggara. Ir. Habibie Razak Sekretaris PII Learning Center juga turut hadir pada webinar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.