BKM PII Sukses Menggelar Online Session “Innovation of Product & Services, Approach to Design Thinking”, 14 Mei 2020

Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM PII) kembali menggelar sesi online training kesekian kalinya di masa Pandemi dua bulan terakhir. Sesi kali ini adalah Innovation of Product & Services, Approach to Design Thinking yang dibawakan oleh Prof. Ir. Tresna Sumardi, IPM yang juga adalah Ketua Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia.

Prof. Tresna mengemukakan bahwa suatu design harus memenuhi tiga objective antara lain: people desirable, technical feasible and business viable. Studi kasus pertama suksesnya design thinking implementation adalah AirBnB Services di mana layanan digital yang disediakan untuk konsumen yang ingin merasakan sensasi menginap di rumah mewah yang disediakan oleh host atau pemilik rumah. Mereka dipertemukan dalam suatu online services. Services ini banyak terjadi di Beverly Hills di mana pemilik rumah mewah memasarkan rumah mereka kepada customer yang ingin merasakan sensasi “it feels like own home”.

Studi kasus kedua adalah Nest Learning Thermostat. Nest hadir dengan tiga tantangan inovasi antara lain came up with solution that people loved (people desirable), technical feasible (come-up with a way to solve it technically) dan came-up with a business model to give rebates to encourage people to be more energy efficient. Aplikasi Nest thermostat ini oleh Prof Tresna adalah aplikasi artificial intelligence yang mempelajari behavior dari manusia dalam hal penggunaan air conditioning sebagai contoh dengan cara merecord data suhu secara berkala dalam dua minggu, mempelajari trend pemakaian AC dan akhirnya mencreate program penggunaan AC sesuai kebutuhan manusia secara otomatis. Program bisa diubah dengan web atau mobile devices.

Sesi online training ini dihadiri oleh setidaknya 30 peserta dari berbagai disiplin dan instansi/perusahaan termasuk dari pengurus BKM dan pengurus pusat PII. Hadir menjadi peserta online session ini antara lain Sekjen BKM PII Ir. Ade Irfan dan Ir Habibie Razak Sekretaris PII Learning Center.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.