Effective Career Planning Short Course & Sosialisasi UU Keinsinyuran HMS FT-UH, 19 September 2015

Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (HMS FT-UH) kesekian kalinya mengundang Habibie Razak ke kampus Unhas Tamalanrea sebagai Pembicara dan sekaligus trainer untuk materi “Perencanaan Karir Efektif buat Mahasiswa dan Sarjana Teknik Lulusan baru”. Pada kesempatan ini trainer juga diberi slot beberapa menit untuk mensosialisasikan UU No. 11 Tahun 2014 tentang profesi Keinsinyuran.

Photo2Sesi yang bertepatan hari Sabtu Tanggal 19 September ini dihadiri lebih dari 60 mahasiswa dari setiap Jurusan yang ada di Fakultas Teknik Unhas termasuk di antaranya pengurus lembaga mahasiswa tingkat Jurusan se-Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Teknik Unhas (OKFT-UH). Animo mahasiswa(i) untuk mengetahui lebih dalam tentang profesi keinsinyuran dan perencanaan karir masa depan akhir-akhir ini semakin kuat mengingat adanya insentif dari pemerintah kepada lulusan baru yang bergelut di dunia keinsinyuran. Tentunya, mahasiswa dituntut untuk lebih proaktif dan kreatif di dalam mencari lowongan kerja keinsinyuran yang jumlahnya akan semakin besar dari tahun ke tahun sehubungan dengan adanya program percepatan infrastruktur di era pemerintahan Jokowi – JK dan dalam kerangka master-plan percepatan ekonomi hinggat tahun 2040 yang menargetkan Indonesia menjadi Negara dari middle income menjadi high income country.

Photo6Kursus Effective Career Planning kali ini tidak jauh berbeda dari sesi-sesi yang pernah dilakukan sebelumnya. Materinya antara lain: Key Steps in Career Planning, Effective Employment Search Strategies & Application Preparation, Engineer’s Required Competencies & Good Habits on Career Planning. Habibie di sela-sela presentasenya memberikan contoh CV/resume dan surat lamaran kerja yang padat dan menarik berdasarkan pengalamannya berpindah dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya. Kedua elemen ini sangat perlu diperkenalkan kepada mahasiswa(i) sebagai acuan buat mereka membuat surat lamaran dan CV/resume yang berbobot. Bagaimana pun juga, CV/resume yang berisi tentunya karena adanya pengalaman kerja, pengalaman organisasi, pengalaman training/kursus/seminar/konferensi yang dilakukan oleh mahasiswa dan alumni selama beraktifitas dan bekerja di organisasi profit maupun non-profit. Kompetensi yang dikedepankan atau yang dievaluasi di CV kita bukan hanya technical competency tapi behavioral competency jauh lebih dikedepankan.

Photo5Habibie adalah mantan Ketua I Pengurus Himpunan Mahasiswa Sipil FT-UH Periode 2001/2002 pernah menjabat sebagai Ketua Umum IMM Komisariat Fakultas Teknik/MIPA Periode 2002/2003 dan Ketua Bidang IPTEK IMM Cabang Kota Makassar Periode 2003/2004 sebelum akhirnya menyelesaikan studinya di Jurusan Sipil FT-UH di Tahun 2004. Habibie saat ini adalah Wakil Ketua Bidang Energi dan Kelistrikan Persatuan Insinyur Indonesia Periode 2012-2015 yang sebelumnya adalah deklarator berdirinya Pengurus PII Cabang Sorowako/Luwu Timur.

 

 

 

Saran penulis, adalah mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaan harus lebih sering mengundang alumni-alumni yang selama ini bisa menjadi behavioral model agar knowledge sharing bisa lebih sering terjadi yang pada akhirnya bisa lebih memberikan insights sekaligus memotivasi mahasiswa jaman sekarang untuk lebih maju di masa depan.

Photo8

Salam organisasi mahasiswa, salam Insinyur.

 

 

 

 

 

 

 

 

Photo9

 

 

 

 

 

 

4 thoughts on “Effective Career Planning Short Course & Sosialisasi UU Keinsinyuran HMS FT-UH, 19 September 2015

  1. Gud Purmala Putra

    P Habiibie ,
    kalau tdk keberatan bisa di share untuk contoh CV dancover Letter yang baik,
    pengalaman , sy sdh ratusan kali send apply by CV dan cover letter tp tdk sampai 5% yang berhasil memikat jo hunter dan memanggil pada sesi interview
    terimaksih

    email : gudpurmala.sukses@gmail.com

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *