Workshop Perencanaan Karir Calon Insinyur Profesional IKATEK UH, La Vai Resto, 24 April 2017

Menjadi Pengurus Alumni adalah salah satu jalan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa di mana salah satu komponennya adalah lulusan muda yang berjuang mencari pekerjaan yang lebih manusiawi dan sesuai dengan minat dan bakat mereka. Peserta workshop kali ini berjumlah 6 alumni yang terdiri dari fresh graduate yang sudah bekerja di beberapa perusahaan dengan pengalaman mulai dari 3 bulan sampai dengan 2 tahun. Syukurnya keenam-enamnya masih bergelut di area keinsinyuran, mulai dari sales engineer sampai pada pekerjaan sebagai construction engineer.

Saya menyampaikan beberapa point penting terkait perencanaan karir antara lain: langkah-langkah yang mesti dilakukan di dalam perencanaan karir, strategi mencari pekerjaan yang efektif, kebiasaan-kebiasaan efektif di dalam perencanaan karir termasuk pengenalan sertifikasi Insinyur Profesional PII dan sertifikasi Insinyur Internasional. Saat ini, masih banyak alumni baru yang tidak tahu arah dan tujuan mereka setelah menyelesaikan studi di kampus karena memang pelatihan atau lokakarya seperti ini belum dimasukkan dalam kurikulum pendidikan tinggi dan bagusnya adalah di kampus Unhas inisiatif untuk melakukan pelatihan seperti ini berada di bawah program lembaga kemahasiswaan tingkat fakultas maupun jurusan.

“Apa yang kalian lakukan saat ini akan menentukan ke depan adik-adik akan menjadi seperti apa” sebagaimana yang saya sampaikan ke peserta. Motivasi seperti ini diharapkan memboost-up semangat para alumni muda untuk melakukan akselerasi di dalam perjalanan karirnya untuk menuju puncak cita-cita. Untuk engineer’s career path dimulai dari posisi sebagai junior engineer, kemudian promosi ke posisi engineer setelah beberapa tahun, setelah itu senior engineer atau project engineer, project manager, senior project manager, project director, vice president business director sampai pada puncak sebagai president director suatu perusahaan. Ada yang lebih cepat mencapai posisi ini, ada yang lebih lambat bahkan banyak yang tidak pernah bisa sama sekali meraih posisi puncak yang ┬ádicita-citakan. Dibutuhkan perencanaan karir efektif yang seharusnya dimulai jauh hari sebelum mahasiswa menyelesaikan studinya di perguruan tinggi.

Rekomendasi dan kesimpulan yang ditelurkan dari one day workshop ini antara lain: jaman mahasiswa jangan hanya digunakan untuk kuliah atau tatap muka mahasiswa dan dosen saja tapi juga waktu dimaksimalkan untuk networking seperti berorganisasi, get to know your seniors, dan social media event tentunya ke arah kegiatan pengembangan diri baik soft maupun hard skills. Fresh graduate perlu mengidentifikasi kompetensi dunia kerja yang terdiri dari dua, yaitu technical and behavioral. Kesimpulan ketiga adalah start to develop your career plan when you are still in the university, keempat, diusahakan bekerja pada bidang keahlian sebagai engineers dan follow career path till you are becoming professional engineer, dan yang terakhir adalah bahwa puncak karir seorang engineer adalah menjadi seorang presiden di republik ini.

Sesi workshop ini ditutup dengan foto bersama para peserta dan instruktur di depan Resto La Vai yang di lantai atasnya juga adalah kantor Indopolitico Institute, lembaga riset dan konsultansi untuk politik, manajemen dan kemaritiman.

Salam Insinyur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.