Management Development Program (MDP) Part 2, Kuala Lumpur, 10 – 12 July 2018

Hari Senin siang 9 Juli 2018 memenuhi panggilan kantor berangkat ke Kuala Lumpur untuk sesi kedua Management Development Program (MDP) yang dilaksanakan selama 3 hari di Hotel Sheraton Petaling Jaya. Program ini ditujukan kepada manager dan engineer yang bekerja di area operasi Malaysia dan Indonesia untuk berbagai sektor seperti transportasi, urban development, resources, power & energy.

MDP Part II ini adalah lanjutan dari MDP Part I yang sebelumnya diselenggarakan pada Bulan April sebelumnya. Materi yang dihadirkan antara lain Team Success Factors, Delegate with Purpose, Emotional Intelligence  dan Driving Changes. Bahan program ini adalah hasil research dari Development Dimension International (DDI) yang pada dasarnya adalah pengembangan kepemimpinan dan manajemen demi peningkatan kinerja individu atau profesional dan perusahaan secara umum. Program 3 hari ini juga menghadirkan sesi khusus tentang emotional intelligence yang memaparkan tentang kecerdasan intrapersonal (self awareness, self motivation dan self control) dan interpersonal (social relationship, driving others, teamworks dan lainnya).

Akhir sesi ini ditutup dengan penyerahan Sertifikat MDP dan setidaknya 20 profesional yang berhasil mengikuti dan menyelesaikan program ini. Masing-masing profesional diminta membuat list of action (minimum 2) yang akan dipraktekkan dalam bekerja di kantor terkait pengembangan kompetensi anggota tim dan dalam rangka menciptakan budaya kerja yang lebih efektif lagi untuk menghasilkan performa perusahaan yang lebih baik.

Trip kali ini seperti biasa saya selalu menyempatkan mengunjungi kawan-kawan professional yang terafiliasi sebagai bagian dari ASEAN Engineers Community. Mereka adalah pengurus the Institution of Engineers Malaysia dan sangat aktif di dalam pengembangan profesi keinsinyuran di skala Asia Tenggara. Sesi after training session juga kami isi dengan diskusi lepas meringankan penat di Sky Bar Lantai 33 Hotel Sheraton ini.

Kesempatan kali ini setiap peserta mendapatkan hasil self assessment terkait profil deskripsi kepribadian atau gaya perilaku yang didevelop oleh Human Synergistics International.  With respect to the twelve specific thinking and behavioral style measured, my primary style is approval and secondary style is humanistic-encouraging. Overall, the strongest extensions are in the CONSTRUCTIVE cluster.

Lanjut, Primary Style adalah Approval memberikan indikasi: agrees with everyone, upset if not accepted by others and generous to a fault. sedangkan Secondary Style adalah Humanistic-Encouraging dengan indikasi: willing to take time with people, encourages others, and respects confidence.

 

Terima kasih kepada Tim HR Regional South East Asia yang sukses mendeliver program ini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *