Kongres XXI dan Dialog Nasional Persatuan Insinyur Indonesia, Padang, 6-7 Desember 2018

Kongres Persatuan Insinyur Indonesia yang diselenggarakan sekali dalam tiga tahun untuk kali ini diselenggarakan di Kota Padang, 6-7 Desember 2018 yang dihadiri oleh setidaknya 1500 Insinyur yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kongres yang berlangsung selama dua hari ini dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak H. Muh. Jusuf Kalla. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan bahwa Insinyur Indonesia dituntut untuk lebih inovatif lagi menghasilkan karya-karya keinsinyuran di dalam keterlibatannya pada pembangunan infrastruktur yang terus digenjot oleh pemerintah, Beliau juga memberikan motivasi bahwa Insinyur kita sudah mampu untuk memimpin proyek-proyek besar baik itu di sektor infrastruktur kePUPRan maupun sektor lainnya.

Dialog nasional ini juga menghadirkan Menteri Perindustrian Bapak Ir. Airlangga Hartarto, MMT., MBA, IPU yang mengupas tentang kesiapan Indonesia menghadapi era Industry 4.0. Beliau menyampaikan program-program kementerian Perindustrian dan peranan para Insinyur Indonesia di era ini. Ir. Airlangga sangat memahami potensi keinsinyuran yang Indonesia miliki karena Beliau juga adalah aktifis keinsinyuran dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia di Periode 2006 – 2009.

Hari kedua beragendakan laporan pertanggungjawaban Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Periode 2015 – 2018 Bapak Dr. Ir. Hermanto Dardak, IPU yang setelah 3 tahun bekerja bersama jajaran pengurus pusat lainnya, LPJ beliau diterima oleh peserta kongres dengan kinerja memuaskan. Agenda sidang komisi antara lain komisi ADART, Program Kerja, Majelis Kehormatan Etik dan lainnya dibahas di ruangan terpisah dan diplenokan di ruangan besar. Pembahasan tata tertib pemilihan Wakil Ketua Umum PII juga difinalisasikan dan disepakati sebelum masuk ke fase pemilihan Umum Wakil Ketua Umum PII Periode 2018 – 2021.

Kongres PII ini mengangkat Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Dr. Ir. Heru Dewanto, MSc., IPU Periode 2018 – 2021 yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Umum PII Periode 2015 – 2018 dan sekaligus memilih Wakil Ketua Umum Periode 2018 – 2021 Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, IPU. Heru adalah CEO & President Director PT Cirebon Power dan Danis saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Heru dalam pidato pertamanya sebagai Ketua Umum menyampaikan bahwa setidaknya ada tiga tantangan bagi Insinyur Indonesia saat ini. pertama, menghubungkan ribuan pulau dan menyatukan nusantara melalui pembangunan jalan, jembatan, jaringan kereta, bandara dan pelabuhan. kemudian, menghubungkan pikiran lebih dari 260 juta manusia Indonesia melalui program Palapa Ring, serta menerangi dan mencerdaskan bangsa melalui program elektrifikasi. Untuk menjawab tantangan itu, Heru mengaskan kembali bahwa Peraturan Pemerintah terkait keinsinyuran harus segera diterbitkan.

Berikut beberapa nama yang akan masuk dalam susunan kepengurusan PII periode 2018 – 2021 antara lain: Ketua Umum Heru Dewanto, Wakil Ketua Umum Danis Hidayat Sumadilaga, Sekretaris Jenderal Teguh Haryono, Bendahara Umum Sakti Wahyu Trenggono, Direktur Eksekutif Faisal Safa dan Ketua Dewan Direksi CEIPS Ilham Akbar Habibie. Hadir pada Kongres PII kali ini antara lain: Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Dr. Ir. Syarif Burhanuddin IPU., Wakil Ketua Pengembangan cabang dan Wilayah Ir. Haedar A. Karim, Ir. Muhammad Sapri Pamulu, PhD Pakar dan Narasumber Tetap Investasi dan Pembiayaan Konstruksi Kementerian PUPR, Dr. Ir. Zakir Sabara Dekan Fakultas Teknologi Industri UMI dan Ir. Habibie Razak Sekretaris Bidang Gas PII Pusat, Praktisi Gas dan Renewable Indonesia.

PII yang memiliki lebih dari 150 Cabang dan 20 Wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia dihadiri oleh perwakilannya termasuk perwakilan dari PII Cabang Makassar yang dipimpin langsung oleh Dr. Ir. Rusman Muhammad, IPM dan tim PII Cabang Luwu Timur dipimpin oleh Ir. Baso Murdin, IPP. PII di Sulawesi Selatan menghadirkan setidaknya 14 Cabang pada Kongres di Padang kali ini. Cabang-cabang PII ini diharapkan segera melakukan menggelar Musyawarah Wilayah dan memilih Ketua PII Wilayah Sulawesi Selatan Periode 2018 – 2021. Beberapa bakal calon muncul di permukaan beberapa bulan terakhir dan salah satunya adalah Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. Ir. Nurdin Abdullah M.Agr., IPU.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *