Program 100 Hari Pertama Pengurus Pusat PII Periode 2018 – 2021

Persatuan Insinyur Indonesia berdasarkan keputusan Kongres XXI di Padang 7 Desember lalu dan sesuai dengan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADART) PII mengangkat Wakil Ketua Umum PII Periode 2015 – 2018 menjadi Ketua Umum PII Periode 2018 – 2021, Dr. Ir. Heru Dewanto, MSc., IPU. Bertempat di Sekretariat PII yang baru di Jl. Percetakan Negara Cempaka Putih hari Selasa, 18 Desember 2018, Ir. Heru menggelar Rapat Perdana pembentukan pengurus pusat yang baru periode 2018 – 2021 sekaligus membahas agenda 100 hari kerja pertama di bawah kepemimpinannya untuk tiga tahun ke depan.

Ir. Heru Dewanto di depan calon pengurus pusat yang baru menyampaikan bahwa susunan kepengurusan PII Pusat Periode 2018 – 2021 akan segera dirampungkan dan diumumkan pada Tanggal 7 Januari 2019 mendatang. Dr. Heru didampingi Sekretaris Jenderalnya Ir. Teguh Haryono dan Direktur Eksekutif Ir. Faizal Safa di depan para peserta rapat memaparkan agenda 100 hari kerja pertama antara lain: mendorong penerbitan Peraturan Pemerintah terkait Keinsinyuran yang merupakan turunan dari amanah UU No. 11 Tahun 2014. “Saya dan Pak Danis Waketum sudah menjadikan ini prioritas pertama target 100 hari kepengurusan ini agar PP keinsinyuran segera dirilis dalam beberapa minggu ke depan” ujar Heru. Tak kalah pentingnya setelah PP keinsinyuran dikeluarkan adalah pembenahan tata kelola organisasi secara menyeluruh (ADART dan Peraturan Organisasi) PII termasuk di dalamnya Badan Kejuruan, Wilayah dan Cabang PII.

Program selanjutnya dalam kurun waktu 100 hari pertama ini adalah pembangunan platform digital sistem informasi PII, penyusunan business model PII menuju kemandirian keuangan, penyiapan kelengkapan fasilitas organisasi termasuk kesiapan sekretariat PII yang layak secara operasional dan dikelola lebih professional lagi. Program yang tak kalah pentingnya adalah penyiapan detail planning CAFEO37 merupakan Konferensi ASEAN Federation of Engineering Organizations ke-37 yang akan diselenggarakan di Indonesia bulan September 2019 mendatang. Ir. Heru adalah Chairman CAFEO berpesan dalam rapat Perdana ini agar segera membentuk tim khusus untuk menyiapkan event akbar ini dimulai dari sekarang.

Program yang tak kalah pentingnya adalah penyusunan strategi media untuk menjadikan PII sebagai rujukan utama atas isu-isu strategis kontemporer sektoral yang bisa dikaitkan langsung dengan perkembangan sains, keinsinyuran dan teknologi. PII Pusat memiliki satu pusat kajian yang diberi nama Center of Engineering and Industrial Policies (CEIPS) yang akan memberikan rekomendasi ke Pemerintah terkait kebijakan industri nasional dan kebijakan yang terkait dengan pengembangan dan implementasi sains, keinsinyuran dan teknologi untuk setiap sektor dan subsektor keinsinyuran seperti energi, ketenagalistrikan, minyak dan gas, pertambangan, transportasi, kehutanan, manufaktur dan lainnya. “Harapannya, setiap bulan ada topik atau isu kontemporer yang dibahas di dalam rapat bulanan pengurus dan dimungkinkan untuk dikaji lebih lanjut oleh CEIPS, dirumuskan dan diaspirasikan ke pemerintah”  lanjut Heru.

Rapat yang berlangsung selama kurang lebih 2.5 jam ini dihadiri oleh beberapa pengurus Pusat PII Pusat periode sebelumnya antara lain: Ir. Sapri Pamulu, PhD Komite Advokasi, Ir. Handoko Anggota Majelis Layanan Insinyur (MLI), Ir. Arlan Septia Wakil Bendahara, Ir. Raymond Rasfuldi Komite Internasional, Ir. Ngadiyanto Sekretariat PII, Ir. Kayan Sutrisna Wakil Sekjend PII, Ir. Prof. Misri Gosan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM), Ir. Eka Suharto Komite Registrasi Insinyur, dan Ir. Habibie Razak Bidang Gas. Pengurus Pusat PII yang hadir adalah para insinyur Indonesia yang berkiprah di berbagai sektor dan okupansi. Ada yang bekerja sebagai Director di perusahaan engineering dan EPC nasional terkemuka, bahkan ada dari mereka yang memiliki perusahaan engineering dan EPC sendiri yang bergerak di sektor minyak dan gas, sebagian lagi bekerja di sektor pertambangan sedangkan Dr. Heru saat ini menjabat sebagai CEO & President Director Cirebon Power salah satu perusahaan pengembang dan operator pembangkit listrik di Jawa Barat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *