Renewable Energy Conference (RE4I), Hotel Pulman, 7-8 Desember 2016

Renewable energy menjadi alternative energy buat dunia saat ini tak terkecuali Indonesia semenjak investasi di sektor energi ini bukan hanya karena clean energy buat masyarakat bumi tapi investasinya menjadi lebih atraktif dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin mutakhir. Konferensi yang diadakan pada Tanggal 7-8 Desember 2016 di Hotel Pulman memberikan wawasan dan pemahaman yang sangat luas dan mendalam tentang energi terbaharukan baik dari sisi teknis maupun komersil.

Konferensi yang diorganize oleh salah satu conference provider dari Malaysia mendapat dukungan penuh dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN). Konferensi dibuka secara resmi oleh Bapak Ignasius Jonan – Menteri ESDM yang juga sebelumnya memberikan pidato pembukaan di acara ini. Perwakilan dari KADIN Bapak Ahmad Kalla juga memaparkan program KADIN terkait renewable energy campaign di Indonesia. Bapak Rida Mulyani, Direktorat Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM juga tidak ketinggalan tampil memberikan kata sambutan.

Konferensi yang didesain selama dua hari menghadirkan lebih dari 100 peserta terdiri dari para pelaku Renewable Energy seperti konsultan, EPC Contractor, IPP Developer, Researcher, Financing Institution and Advisors dari seluruh penjuru dunia. Indonesia menjadi fokus sentral mereka di Asia saat ini di mana hampir semua potensi energi terbaharukan secara teknis dan komersil memungkinkan dilakukan di Indonesia. Potensi itu antara lain Hydro and Minihydro, Solar, Wind, Biomass dan Geothermal. Peserta konferensi disuguhkan various sub-events seperti networking luncheon atau sekedar diskusi selama coffee time memberikan peluang buat para pelaku bisnis setidaknya saling bertukar kartu nama.

Saya diminta mewakili perusahaan saya untuk menjadi delegasi di acara ini dan mendapatkan kesempatan untuk mengetahui lebih dalam tentang renewable energy projects yang lagi dalam tahap pengembangan dan ekesekusi di Indonesia dan seluruh dunia. Tentunya event seperti ini memberikan kesempatan besar buat saya memperkenalkan perusahaan dan profil saya sebagai practitioner di sektor energi. Skema investasi bisnis juga diperkenalkan di konferensi ini dan juga tantangan-tantangan yang dihadapi oleh pihak developer terkait perijinan dan pembebasan lahan.

Salah satu perwakilan dari group kami juga diberi kesempatan memberikan presentase tentang Utility-Scale Solar PV Development in Indonesia. Indeed, konferensi atau event sejenis memberikan wider-exposure kepada para pelaku bisnis untuk memperkenalkan bisnis mereka dalam rangka mendapatkan dukungan dari pihak regulator dalam hal ini pemerintah, pemberi pinjaman (financer), equity partner, konsultan dan EPC Contractor di sektor renewable energy ini.

Renewable Energy for Indonesia (RE4I), semoga sukses sesuai cita-cita bersama.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *